Breaking News
Loading...
Saturday, August 3, 2013

Mesin Stone Crusher Plant (Mesin Pemecah batu)

6:55 AM
Mesin Stone Crusher Plant (Mesin Pemecah batu)
Stone crusher plant merupakan sebuah mesin yang sangat penting dalam bidang pembangunan infrastruktur atau pembangunan fisik. Hampir segala jenis pembangunan membutuhkan bahan yang namanya batu, misalnya pembangunan jalan, baik itu jalan aspal kendaraan bermotor maupun rel KA. Untuk itulah dibutuhkan sebuah alat yang mampu untuk menghancurkan batu-batu agar ukurannya bisa disesuaikan dengan yang diinginkan. Dan stone crusher plant adalah mesin yang bisa melakukan hal tersebut. Perlu diketahui juga, stone crishing plant ini terdiri atas berbagai ukuran, ada yang besar ada yang kecil sehingga setiap mesin pemecah batu memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk harganya akan dijelaskan setelah ini.

Stone crusher plant dalam memecah batu menjadi bagian-bagian yang ditentukan sesuai dengan yang diinginkan terdiri dari beberapa tahap pemprosesan. Secara garis besar, pada mulanya batu tersebut ditampung terlebih dahulu yang selanjutnya menuju alat utama yakni jaw crusher yang bisa memecah batu dan pada akhirnya akan diarahkan menuju ke vibrating feeder.

stone crusher plant

stone crusher plant

Batu yang ukurannya telah ditentukan itu pertama-tama akan diproses melalui alat yang namanya belt conveyor dan kemudian diproses ulang di impact crusher, Di impact crusher ini batu akan benar-benar terpecah dengan beberapa ukuran yang telah diatur sebelumnya. Batu yang sudah menjalani tahap pemecahan ke bentuk yang lebih kecil itu nantinya akan disortir sesuai dengan ukuran lewat bagian mesin bernama circular vibrating screen. Meskipun sudah menjalani berbagai proses tersebut, kadang masih ada juga beberapa batu yang ukurannya tidak sesuai alias masih belum bisa dipecah, untuk itu, batu yang dari circular vibrating screen itu akan dialirkan ke impact stone crusher sebagai tahap pemecahan yang terakhir. Dengan tahap-tahap inilah batu akan benar-benar menjadi batu yang siap untuk digunakan dalam berbagai pembangunan infrastruktur.

Untuk jenis-jenis mesin stone crusher plant sendiri ada beberapa macam. Berikut ini beberapa jenis mesin pemecah batu tersebut :
  • Hopper
  • Reciprocating feeder
  • Main Conveyor
  • Primary Crusher
  • Secondary Crusher
  • Vibrating Screen
  • Transfer Conveyor
  • Stock Pile Conveyor
Berbicara mengenai seberapa besar kekuatan mesin stone crusher plant, bagi yang belum tahu dan belum mengenal mesin ini, akan takjub dengan kemampuannya, karena selain memecah batu, stone crusher ini juga mampu menghancurkan dan memecah karang, granit, bijih mangan, kuarsit, bijih besi, ampelas, oksida, aluminium leburan, kalsium karbida, batu kapur, batu bara, dan berbagai mineral yang lain. Wah, banyak juga ya kemampuannya.

Mesin stone crusher plant juga mempunya kapasitas yang bermacam-macam, di antaranya :
  • Stone crusher plant dengan kapasitas 30 s/d 40 ton per jam.
  • Stone crusher plant dengan kapasitas 40 s/d 60 ton per jam.
  • Stone crusher plant dengan kapasitas 60 s/d 80 ton per jam.
  • Stone crusher plant dengan kapasitas 80 s/d 100 ton per jam.
  • Stone crusher plant dengan kapasitas 100 s/d 150 ton per jam.
Sedangkan harga mesin stone crusher mencapai Rp 75 juta hingga 2,1 milyar per unitnya, mesin yang mencapai milyaran itu kapasitasnya 100 ton per jam, dengan mesin satu unit jaw crusher 400 x 600 dan tiga unit jaw crusher 250 x 1200.

Berikut video mesin crusher dengan kapasitas yang kecil dan besar.