Breaking News
Loading...
Wednesday, August 21, 2013

Mesin Roll Forming (Harga Roll Forming)

Mesin Roll Forming (Harga Roll Forming)
Mesin roll forming | Banyaknya pabrik yang menjual mesin roll forming tentu membuat pengusaha kebingungan dalam memilih mesin roll forming seperti apa yang cocok bagi mereka.  Memilih mesin roll forming tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Secara umum, mesin roll forming terbagi ke dalam dua jenis yaitu  :

Mesin roll forming Work-Site Equipment di mana mesin jenis ini sangat moveable sehingga mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Beratnya pun tergolong dalam light weight. Selain itu setting ulang dari mesin roll forming jenis ini sangatlah mudah.

Yang kedua adalah mesin roll forming IN-PLANT Equipment. Kekurangan dari mesin ini adalah mesin ini tidak dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya karena mesin ini diikat kuat pada lantai beton.
Kedua jenis mesin ini masih banyak dijumpai di pasaran. Nah, dari kedua mesin tersebut jenis manakah yang dibutuhkan oleh perusahaan anda? Berikut tips nya untuk memilih mesin roll forming :

Pilihlah mesin roll forming berdasarkan jumlah kebutuhan anda pada kurun waktu tertentu. Misalnya saja per tahunnya anda membutuhkan output produk sebanyak 100.000 meter lari  maka WORK-SITE equipment dapat dijadikan pilihan namun jika hanya membutuhkan output 100.00 meter lari per tahun maka gunakan IN-PLANT equipment. 

Selain itu, perhatikan juga panjang dari produk yang dihasilkan karena saat ini banyak sekali produk yang dibuat tanpa menggunakan sambungan atau kelim dengan harapan resiko garansi serta pertanggungan seperti maslah kebocoran dan sebagainya dapat tereduksi. Misalnya saja, anda ingin memproduksi atap tanpa keli atau panel atap tanpa kelim dengan panjang produk antara 80 sampai 120 kaki maka WORK-SITE equipment dapat dijadikan pilihan karena walaupun IN-PLANT equipment juga dapat menghasilkan panjang yang sama, namun panjang muatan truk yang terbatas hanya berkisar 55 sampai 57 feet dapat membatasi panjang roll forming di pabrik.
roll forming
Selain itu, hal yang perlu dijadikan pertimbangan selanjutnya dalam memilih mesin roll forming adalah harga serta ukuran dari coilnya. Kebanyakan uncoiler yang disediakan oleh IN-PLANT Roll Forming berkemampuan untuk menahan beban berat standar coil yaitu 4000 lbs atau 6000 lbs, hal itu tergantung dari produk dengan diameter dalam coil  20 inchi dan diameter luar sebesar 60 inchi atau 70 inchi. Dengan standart inilah maka perusahaan penyedia coil juga memberikan harga khusus. Sedangkan pada WORK-SITE equipment kebanyakan menggunakan ukuran coil yang lebih kecil dengan berat ringan namun, ukuran yang spesial ini juga membuat perusahaan penyedia coil juga memberikan harga lebih mahal antara 40-80%.

Mesin roll forming | Saat ini juga banyak produsen yang menwarkan roll forming dengan kecepatan tinggi. Beberapa mesin didesain dengan menghasilkan output produk hingga 100-150 meter per menitnya. Jika hasil yang ingin anda dapatkan maka gunakan IN-PLANT equipment agar kemampuan mesin tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebaiknya jangan gunakan WORK-SITE equipment karena mesin ini hanya mampu beroperasi pada kecepatan 10-25 meter per menitnya sehingga kurang cocok bagi anda yang menginginkan hasil banyak.

Itulah beberapa tips dalam memilih mesin roll forming. Semoga dapat membantu anda. Jangan ragu untuk mengevaluasi apa saja yang perusahaan butuhkan pada saat ini dan kemana perusahaan anda akan berkembang. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kapasitas, kecepatan, harga, dan liability sehingga anda dapat memilih peralatan yang tepat serta sesuai kebutuhan perusahaan.

Harga roll forming berikut ini mungkin akan bisa sedikit memberikan inspirasi atau referensi jika ingin memilikinya.

Sistem Cutting  = Automatic sharing cutting
Jumlah roll = dua belas (12 step)
Dimensi = 450 x 1000 x 4000
Kecepatan = 13 meter per menit
Harga : 225 juta

Sistem Cutting = Automatic sharing cutting
Jumlah roll = sembilan (9 step)
Dimensi = 450 x 1000 x 3500
Kecepatan = 15 meter per menit
Harga : 175 juta

Baca Juga :