Breaking News
Loading...
Tuesday, August 20, 2013

Mesin Filling / Mesin Pengisi

Mesin Filling / Mesin Pengisi
Mesin filling | Ketika anda membeli sebuah produk minuman atau bahan-bahan produk lainnya yang dikemas dalam sebuah botol, pernahkah anda membayangkan berapa lama waktu dan berapa banyak karyawan yang dibutuhkan untuk mengisi botol- botol tersebut? apalagi untuk sebuah merek  ternama yang setiap harinya tentu harus memproduksi beribu- ribu produk yang dikemas dalam botol yang akan dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Untuk menghemat biaya produksi salah satunya adalah dengan meminimalisir karyawan yaitu dengan menggantinya dengan sebuah mesin. Gerakan- gerakan yang dilakukan mesin dapat diatur sedemikian rupa agar dapat bergerak seperti apa yang diinginkan. Selain menghemat biaya pengeluaran upah untuk karyawan juga dapat menghemat waktu produksi.

Mesin filling adalah mesin yang dapat digunakan untuk mengisi produk atau bahan- bahan ke dalam sebuah botol atau dapat juga botol plastic jerrycan dsb. Umumnya bahan- bahan produk yang berupa cairan seperti  : air mineral, kecap, saus, madu, jamu air susus bantal, saos sambal, sambal cair mnyak goreng, flavor, sirup, dll. selain produk  atau bahan- bahan cairan dapat juga berupa bentuk powder, granule pun juga  bisa dilakukan.
mesin filling

Ada berbagai jenis mesin filling yang digunakan tergantung bentuk kemasan produk yang akan dipasarkan, seperti beberapa conth dibawah ini:

1.    Automatic Filling Cup Sealer
Jenis mesin filling ini dapat digunakan pada produk atau bahan yang akan dikemas dalam sebuah cup atau gelas plastic. Dalam mekanisme kerjanya mesin Mesin Auto Filling Cup meletakan Cup ke dalam Cup Mol kemudian membawanya ke titik pengisian atau tepat dibawah corong pengisian /nozle, lalu mengisinya dengan produk, kemudian menutupnya dengan LID (Plastik lembaran yang  dikemas dalam bentuk gulungan) dan memotong LID. Semua pekerjaan ini dilakukan secara automatic kecuali pada saat memasukkan Cup ke dalam keranjang Cup dan memasukkan LID ke dalam Supply LID.
2.    Mesin Filling Standing Pouch
Mesin ini digunakan biasanya bukan digunakan untuk produk atau bahan yang akan dikemas dalam botol atau gelas plastic namun lebih kepada produk refill. Produk yang dikemas dalam standing pouch yang kemudian digunting sebagai refill untuk dimasukkan ke dalam botol. Kerja Mesin Standing Pouch ini adalah dengan melakukan pengisian produk dan kemudian langsung dilas atau ditutup.
3.    Mesin Filling Botol
Mesin Filling botol ini tentu adalah mesin yang digunakan untuk pengisian produk atau bahan yang akan dikemas dalam sebuah botol. Jenis mesin filling botol inipun ada berbagai macam menurut cara kerjanya yaitu manual, semi automatic, dan full automatic. Mesin filling botol Full Automatic menggunakan sistem inline atau Rottary, mulai dari pengisian botol pada nozzle secara otomatis , pemasangan tutup botol (capper) secara otomatis, dan penyegelan botol (Shrink dengan heater). Semua pekerjaan ini dilakukan Automatic kecuali memasukan botol ke dalam Conveyor, dan memasukan Plastik untuk label atau segel kedalam botol. Filling full automatic ini biasanya terdiri dari 4 sampai 24 nozle yang digunakkan sedangkan untuk mesin Filling Semi Automatic  biasanya Maksimal 2 Nozle.
4.    Mesin Filling Galon
Mesin ini banyak terdapat pada depot- depot pengisian air mineral dalam gallon karena berfungsi untuk pengisian air mineral dalam gallon. Selain untuk melakukan pengisian juga berfungsi sebagai pencucian, pemasangan tutup, serta pemasangan segel pada kemasan gallon.
5.    Mesin Filling Jerrycan System
Mesin Filling jenis ini biasanya digunakan dalam produk dengan kemasan kapasitas lebih besar mulai dari 5 sampai 25 kilogram dengan menggunakkan system timbangan digital / load cell (indicator timbangan).
Teknologi ini tentu dapat mempermudah dan lebih teratur bahkan mempercepat dalam produksi sehingga kebutuhan konsumen setiap harinya dapat terpenuhi.

Baca Juga :