Breaking News
Loading...
Wednesday, August 21, 2013

Mesin Moulding / Mesin Molding / Mesin Pencetak

Mesin Moulding / Mesin Molding / Mesin Pencetak
Mesin Moulding | Untuk anda para wira usahawan di bidang plastik dan kayu, pasti sudah akrab dengan apa yang maksud dengan mesin moulding, ya mesin yang melelehkan material plastik dan membentuk nya menjadi bentuk yang di inginkan. Untuk anda yang ingin memulai bisnis dalam bidang percetakan case ini, nah di sini lah tempat yang tepat untuk mengetahui dan memilih mesin moulding yang tepat, mari kita simak bersama-sama.

Seperti yang kita tahu bahan plastik atau material mentah nya yang biasa di sebut termo plastik yang berbentuk seperti biji, akan di panaskan oleh gesekan sehingga melelehkan, nah plastik cair akan di injek kan ke dalam cetakan yang yang sudah di siapkan, material yang mendorong nya yaitu material gas, biasanya nitrogen, selagi di dorong plastik cair pun didinginkan menggunakan air, setelah mengeras plastik yang sudah di bentuk pun dapat di keluarkan. Namun tidak semua hasil cetakan selalu mulus dan terlihat baik, ada juga beberapa yang cacat karena suhu tidak stabil atau jendela penginjekan gasa tertutup, sehingga hasil yang gagal bisa langsung di giling atau di hancurkan menjadi plastik cair kembali. Suhu juga sangat menentukan dalam pembuatan plastik ini, bila suhu terlalu rendah maka kemungkinan biji plastik tidak akan meleleh dan apabila suhu terlalu tinggi maka plastik akan terbakar dan tidak dapat di bentuk juga. Itulah cara kerja dari mesin moulding tersebut, lalu mesin moulding seperti apa yang baik dan berkualitas ? dan di bawah ini akan kita lihat beberapa spesifikasi nya.
Mesin Moulding

Mesin moulding yang baik adalah mesin yang dapat mempertahankan penginjekan plastik menggunakan gas, dalam waktu lama, karena proses pendinginan tidaklah selalu cepat, maka sangat di sarankan untuk memilih mesin dengan kestabilan yang baik. Gas yang di gunakan untuk menekan plastik cair yang diinjek adalah gas nitrogen, karena gas ini bersifat inert.

Keuntungan dalam menggunakan mesin moulding adalah :
  1. Leluasa membuat bentuk-bentuk seperti bentuk tipis berongga, tebal, pipa ataupun lain sebagai nya.
  2. Produk yang di hasilkan kokoh dan kaku akibat adanya ruang kosong akibat penekanan oleh gas.
  3. Tekanan pemadatan lebih rata, sehingga hasil yang di keluarkan lebih mulus dan stabil.
  4. Tidak memberikan cacat sinmark atau tanda pada cetakan yang tebak, tidak seperti di tempa atau di pahat.
  5. Berpotensi lebih sedikit untuk weldin
  6. Prosesnya cepat karena adanya proses pendinginan, sehingga bisa langsung di injek lagi setelah di dinginkan
  7. Hasil yang di keluarkan akan lebih ringan dan baik
Terdapat beberapa komponen utama dari mesin injection moulding, yaitu :
  1. Unit untuk melelehkan terdapat hopper, barrel dan screw
  2. Unit molding atau cetakan yang di inginkan yaitu mold
  3. Unit pencekam, yaitu unit untuk mencekam mold pada saat peng injeksian dan menyediakan sarana pengeluaran hasil injeksi. Jenis pencekaman nya pun ada dua, yaitu pencekaman toggle dan hidrolik. Kekuatan pencekaman setiap mesin sangat bervariatif,  mulai dari kekuatan cekam an 5 ton untuk mengasilkan produk seberat 10 gram, sampai kekuatan cekam 5000 ton untuk produk seberat 50 kilogram, luar biasa bukan.
Mesin Moulding / Mesin Molding | Nah itulah sedikit tentang mesin pencetak atau mesin molding, anda dapat membuat berbagai alat seperti pipa, transistor, dan berbagai alatr lain nya dengan alat ini. Apakah cukup menarik untuk membuat bisnis percetakan seperti ini ? semoga sukses.

Baca Juga :