Breaking News
Loading...
Wednesday, August 14, 2013

Mesin Pengering (Oven, Pengering Makanan, Pertanian, Vacuum Drying)

Mesin Pengering (Oven, Pengering Makanan, Pertanian, Vacuum Drying)
Mesin pengering merupakan suatu alat yang dipakai untuk mengeringkan pada kadar suhu tertentu atau untuk mengurangi intensitas kelembaban suatu barang. Mesin pengering banyak sekali macamnya, dan bentuknya bermacam-macam tergantung untuk apa mesin pengering itu. Setiap mesin pengering itu fungsinya berbeda-beda. Pada kesempatan ini, lebih difokuskan pada mesin pengering yang digunakan untuk mengeringkan makanan dan juga pengering produk pertanian. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa oven adalah salah satu alat atau mesin pengering yang efektif yang dipakai untuk berbagai makanan. Di mana oven adalah sebagai pengganti dari pada sinar matahari sering dipakai untuk menjemur berbagai macam makanan, misanya saja: kemiri, kerupuk, selai pisang, produk herbal, ikan, makanan ringan, dan yang lainnya. Mesin pengering seperti ini bisa anda dapatkan di Agrowindo. Untuk gambarnya bisa anda lihat berikut ini.
mesin pengering, oven

mesin pengering, oven

Mesin pengering Agrowindo selain untuk mengeringkan makanan, mesin oven ini juga bisa dipakai untuk berbagai produk pertanian. Untuk jenis ini, ada dua macam yang disediakan oleh Agrowindo, yakni pengering yang berbahan bakar gas dan pengering yang berbahan listrik. Kelebihan dai mesin ini adalah energi yang dipakai tidak terlalu boros, temperaturnya bisa kita setting sesuai kebutuhan, bahannya dibuat dengan stainless steel, yang jelas proses dalam mengeringkannya lebih bagus dan lebih cepat dari pada menggunakan bantuan sinar matahari. Untuk kapasitasnya ada berbagai ukuran, ada yang satu rak, 4 rak, 6 rak, 12 rak, 16 rak, hingga 21 rak. Namun untuk yang berbahan bakar listrik hanya sampai 16 rak saja.

Mesin pengering selanjutnya adalah mesin pengering box dryer. Fungsi utamanya adalah sebagai pengering padi atau gabah, kedelai, jagung, dan produk pertanian yang lain. Biasanya, setelah panen terutama panen padi, gabah harus dikeringkan dengan dijemur di bawah terik matahari sebelum dimasukkan dalam mesin penggiling padi atau selep. Nah, box driyer inilah bisa digunakan sebagai pengganti sinar matahari itu. Anda bisa lihat itu pada video berikut ini:


Keuntungan memakai box dryer antara lain :
  1. Alat ini memakai bahan bakar briket batu bara maupun kayu bakar. Bahkan bisa dimodifikasi dengan menggunakan LPG atau minyak tanah.
  2. Sangat menguntungkan karena box dryer bisa dibongkar dan dipasang.
  3. Untuk mengoperasikan mesin ini juga relatif gampang.
  4. Dua orang pun sudah cukup untuk dapat mengoperasikannya.
  5. Biaya yang dikeluarkan untuk sekali pengeringan lebih murah dibanding dengan tipe pengering yang lain.
  6. Bisa meminimalisir hilangnya padi atau jagung ketika proses pengeringan berlangsung.
  7. Cukup dengan lokasi 2 x 8 meter saja alat ini bisa ditempatkan.
  8. Masa pemakaian cukup lama, artinya mesin ini tergolong cukup awet.
  9. Pas dipakai oleh para petani yang berada di desa-desa maupun di kota.
  10. Asap yang dikeluarkan tidak tercampur dengan bahan yang kita keringkan sehingga hasilnya bisa maksimal.
Selain mesin-mesin pengering di atas, ada juga vacuum dryer atau vacuum drying. Prinsipnya, produk dipanaskan atau dikeringkan dengan temperatur tertentu yang bisa kita atur sendiri disertai dengan pemvacuman atau penyedotan uap air pada bahan yang dikeringkan itu. Sistem kerjanya, bahan yang mau dikeringkan ditaruh di atas rak atau loyang pd alat ini. Rak ini ada dua, yakni rak dengan vorporasi (terdapat lubang-lubang) maupun rak yang solid (tidak ada lubang). Kalau biji-bijian kecil dan tepung-tepungan biasanya memakai yang tanpa lubang, sedangkan produk yang agak besar memakai rak vorporasi. Bentuk alatnya seperti berikut :
mesin pengering, oven

Baca Juga :