Breaking News
Loading...
Sunday, August 11, 2013

Mesin Hidrolik (Hydraulic Machine)

Mesin Hidrolik (Hydraulic Machine)
Mesin hidrolik (hydraulic machine) memiliki fungsi yang sangat sentral sekali di beberapa perusahaan-perusahaan baik industri kecil menengah maupun industri besar. Beraneka ragam alat-alat yang menggunakan sistem hidrolik untuk dipakai pada benda-benda berat yang tidak mungkin dijangkau oleh kekuatan manusia. Oleh karena itu, macam dan jenis mesin hydraulic pun beraneka ragam. Di lihat dari namanya, kata hydro berasal dari bahasa Greek atau Yunani, dan kata ini sudah populer di semua negara yang berarti water atau air. Jadi, alat-alat yang menggunakan sistem kinerja hidrolik pada dasarnya memakai prinsip perilaku air, baik itu ketika air bergerak ataupun ketika diam. Dengan sifat-sifat air itulah mesin hidrolik ini mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan besar terutama untuk mengangkut benda-benda yang sangat berat.

Mesin hidrolik (hydraulic machine) merupakan mesin yang memakai kekuatan fluida (sesuatu yang berkaitan dengan air) guna mengerjakan sesuatu. Misalnya hidrolik pada mesin alat berat. Cara kerjanya, pada alat berat itu terdapat suatu cairan dengan tekanan tinggi yang dinamakan hydrolikfluida, cairan ini dikirim ke semua mesin di segala motor hydraulic serta hydraulic silinder. Setelah itu, cairan tersebut dicontrol, baik dikontrol dengan memakai bantuan manusia (manual) maupun secara otomatis oleh katup-katup pengontrol lalu dilanjutkan melalui tabung dan juga selang. Dengan memanfaatkan kekuatan yang besar yang didistribusikan lewat selang dan tabung inilah mesin hidrolik mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan besar yang sangat membantu manusia.

Secara global, mesin yang menggunakan sistem hidrolis di dalamnya terdapat beberapa bagian penting.
mesin hidrolik
  1. Filter atau penyaring. Bagian ini termasuk bagian yang dianggap penting karena serpihan-serpihan logam selalu muncul dan dapat menghambat kinerja sistem hidrolis. Untuk itu filter ini berfungsi untuk menghapus seripah atau partikel tersebut bersamaan dengan benda-benda lain yang tidak bermanfaat.
  2. Tabung, pipa, dan selang hidrolik. Tubes hydraulic atau tabung hidrolik terbuat dari pipa baja yang sangat kuat. Ukuran tabung secara umumnya mempunyai diameter sampai seratus mili meter dan panjangnya biasanya enam meter. Tubes hydraulic tersebut diberi minyak agar licin, dan sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Segel, pencocokan dan sambungan atau di dalam hidrolik sering disebut dengan katup, silinder dan pompa yang dipakai buat sambungan fluida.
  4. Perhitungan dasar daya kekuatan mesin hidrolik. Perhitungan inilah yang menjadi patokan besar kekuatan yang bisa dicapai oleh mesin hidrolis.
Telah disebutkan di atas, bahwa mesin yang menggunakan teori hidrolis ini banyak sekali macamnya. Secara umum bisa dibedakan menjadi tiga macam, yaitu dongkrak hidrolis, pompa, dan alat berat.

Baca Juga :